MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MA'ARIF KEJI BERWAWASAN GLOBAL BERAKHLAQ SALAFY VISI TERWUJUDNYA GENERASI YANG BERTAQWA KEPADA ALLAH SWT. UNGGUL DALAM ILMU, KREATIF DAN BERBUDAYA TERJADINYA GUNUNG TANGKUBAN PERAHu - MI KEJI
Headlines News :
Home » » TERJADINYA GUNUNG TANGKUBAN PERAHu

TERJADINYA GUNUNG TANGKUBAN PERAHu

Written By Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Desa Keji on Kamis, 05 April 2012 | 07.37

Oleh Avian (Siswa Kelas IV)
MI Ma’arif (+) Desa Keji

Konon hiduplah seorang gadis yang cantik bernama Dayang Sumbi. Ia adalah putrid prabu Sungging Purbakara. Karena sumpahnya sendiri dayang sumbi harus menikah dengan seekor anjing yang bernama si Tumang. Dari pernikahan antara dayang sumbi dengan si Tumang maka lahirlah seorang anak yang bernama Sangkuriang.
Sangkuriang tidak tahu kalau si Tumang adalah ayahnya. Suatu hari karena jengkel Sangkuriang membunuh si Tumang, akhirnya dayang sumbi sangat marah dan mengusir Sangkuriang dari istana.
Setelah sangkuriang besar, ia bertemu dengan dayang Sumbi, ia pun jatuh cinta pada dayang Sumbi, akan tetapi dayang Sumbi menolak lamaran itu. Ia tahu bahwa Sangkuriang adalah anaknya sendiri.
Untuk menutupi penolakanya dayang Sumbi memberikan syarat pernikahan yang sangat berat Sangkuriang harus membendung sungai citarum dan harus membuat perahu dalam waktu semalam. Namun Sangkuriang menyanggupi permintaan itu. Menjelang tengah malam Sangkuriang hampir menyelesaikan pekerjaanya itu.
Dayang sumbi sangat terkejut, ia melakukan tipu muslihatdengan menyuruh penduduk memukul lesung dan membakar jerami. Maka terdengarlah kokok ayam jantan bersahutan,Kuk..kuru..yuuuuk….Kuk..kuru..yuuuuk….Kuk..kuru..yuuuuk….
Akhirnya lamaran Sangkuriang tideak di terima, Sangkuriangpun sangat marah dan kecewa, ia menendang perahunya yang hampir selesai dibuatnya. Perahu itupun terbalik dan kemudian berubah menjadi gunung dan di beri nama dengan gunung tangkuban perahu.
Memang gunung tersebut seperti perahu yang terbalik. ….
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Popular Posts

LANGUAGE

logo

logo

Statistik blog

 
Support : Creating Website | Mi Ma'arif Keji | Mi Ma'arif Keji
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. MI KEJI - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mi Ma'arif Keji