MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MA'ARIF KEJI BERWAWASAN GLOBAL BERAKHLAQ SALAFY VISI TERWUJUDNYA GENERASI YANG BERTAQWA KEPADA ALLAH SWT. UNGGUL DALAM ILMU, KREATIF DAN BERBUDAYA Kelas 1 - MI KEJI
Headlines News :
Home » » Kelas 1

Kelas 1

Written By Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Desa Keji on Jumat, 28 Februari 2014 | 09.13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      :  MI KEJI
Kelas/Semester          :  I/1
Tema/Sub Tema         : Diriku (1) / Aku merawat tubuhku (3)
Pembelajaran  Ke       : 1

A.  Kompetensi Inti
KI 1
:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.  Kompetensi Dasar

BAHASA INDONESIA
Kompetensi Dasar:
1.2. Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar
2.4. Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab merawat tubuh agar sehat dan bugar melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.2. Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.2. Mempraktikkan teks arahan/ petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian


PJOK
Kompetensi Dasar
1.1. Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai
2.1. Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
2.2. Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama pembelajaran penjas
3.3. Memahami pengertian pola gerak dasar seperti gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif
3.4. Mengetahui cara menjaga kebersihan diri yang meliputi kebersihan badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung, telinga, tangan, dan kaki serta pakaian
4.1. Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional


C.  Indikator
BAHASA INDONESIA
·      Menjelaskan secara lisan cara-cara merawat tubuh.
·      Menjelaskan secara lisan bagian-bagian pada diri kita yang harus dijaga kebersihannya

PJOK
·      Menjelaskan cara-cara merawat tubuh

D.  Tujuan pembelajaran:
Tujuan Pembelajaran:
1.   Setelah mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan cara-cara menjaga kebersihan tubuh dengan benar.
2.   Setelah melihat contoh dari guru, siswa dapat mempraktikkan cara mencuci tangan dengan benar.
3.   Setelah bertanya jawab, siswa dapat menjelaskan cara-cara merawat tubuh.
4.   Setelah berdiskusi, siswa dapat memasangkan kartu kegiatan merawat tubuh dengan tepat.


E.  Materi Ajar:
1.   Merawat dan Menjaga Kebersihan Tubuh
2.   Benda-Benda untuk Merawat Tubuh

F.  Alokasi Waktu
6 X 35 menit

G. Pendekatan dan metode
Saintifik
Observasi, Demonstrasi

H.  Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DEKSKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
·    Peserta didik memulai kegiatan dengan berdoa
·    Bertanya jawab untuk menyiapkan kondisi peserta didik dalam menerima pelajaran
·    Peserta didik diminta untuk mengamati gambar poster tentang cara-cara merawat tubuh

Peserta didik diberi pertanyaan penggiring:
ü Guru menanyakan apa saja pada diri kita yang harus dijaga kebersihannya, mengapa dan bagaimana.
ü Guru menanyakan apa saja pada lingkungan yang harus dijaga kebersihannya, mengapa dan bagaimana.
6  x 35 menit



Kegiatan Inti
Seknario I
ü Guru menjelaskan tentang pentingnya menjaga kebersihan diri sendiri maupun lingkungan.
ü Siswa diminta maju ke depan kelas.
ü Siswa menjelaskan gambar meliputi penjelasan kegiatan dan tujuan. Misalnya gambar orang berolahraga supaya badan sehat, di bawah bimbingan guru.
ü Siswa diajak untuk membersihkan kelas dan sekitarnya.
ü Setelah selesai guru mengajak siswa untuk mencuci tangannya.
ü Guru mencontohkan cara mencuci tangan dengan benar.

Sknario II
ü Guru mengingatkan mengenai kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan untuk merawat tubuh seperti mandi, keramas, mencuci tangan, dan mencuci kaki.
ü Guru bertanya pada siswa bagaimana cara-cara mereka dalam merawat tubuh.
ü Rangkum jawaban seluruh siswa. Kemudian, tanyakan pada siswa mengenai benda-benda yang mereka gunakan dalam merawat tubuh.
ü Setelah seluruh siswa mencoba menjawab, guru berkata bahwa guru memiliki satu kotak rahasia (kotak dapat berupa kardus bekas sepatu). Kotak tersebut telah berisi peralatan mandi seperti sabun, sampo, sikat gigi, dan odol.
ü Keluarkan satu per satu dari dalam kotak sambil bertanya pada siswa, “Apakah kalian menggunakan (sabun)?” dan seterusnya.
ü Diskusikan bersama siswa kegunaan dari benda-benda merawat tubuh tersebut. Siapkan 4 set kartu kegiatan merawat tubuh serta benda-benda untuk merawat tubuh.
ü Bagi siswa ke dalam beberapa kelompok untuk memasangkan kartu-kartu tersebut.
ü Setelah memasangkan kartu, minta siswa untuk mengerjakan latihan yang terdapat pada buku siswa.
Kegiatan Penutup
ü Guru menjelaskan tentang pentingnya menjaga kesehatan.
ü Guru menyampaikan bahwa merawat dan menjaga kebersihan tubuh merupakan salah satu bentuk syukur pada Tuhan atas anugerah yang telah diberikan-Nya.
ü Guru mengingatkan siswa untuk mandi dan keramas secara teratur

I.    Penilaian :
1.   Lembar kerja Bahasa Indonesia pada buku siswa halaman 57
2.   Daftar Periksa
-     Lembar Pengamatan Bercerita dan Mempraktikan Cara Mencuci Tangan
Kriteria
Terlihat
Belum terlihat
Kemampuan bercerita berdasarkan gambar


Kepercayaan diri dalam bercerita


Kemampuan dalam mempraktikkan cara mencuci tangan


Catatan : Centang (ü) pada bagian yang memenuhi kriteria.

-     Lembar Pengamatan permainan bangun ruang
Kriteria
Terlihat
Belum terlihat
Ketepatan memilih gambar


Antusias mengikuti permainan


Catatan : Centang (ü) pada bagian yang memenuhi kriteria.

J.   Sumber dan Alat Bantu Pembelajaran:
  1. Buku siswa kelas 1 tema Diriku
  2. Buku guru kelas 1 tema Diriku
  1. Gambar/poster kegiatan merawat tubuh
  2. Sabun cuci tangan
  3. Potongan kertas (kartu) dengan gambar kegiatan merawat tubuh seperti pentingnya tidur, makan, mandi, cuci tangan, dan cuci kaki
  4. Kardus bekas pasta gigi, sabun dan lain-lain.
  5. Kartu-kartu kegiatan merawat tubuh (lampiran 1)

Ungaran,                    2014
Mengetahui,
Kepala Madrasah




Supriyono,S.Pd.I, M.Pd
Guru Kelas I





Rini Akhirotul Khasanah, S.Pd





 

































LEMBAR PENGAMATAN I
No
Nama siswa
Kemampuan bercerita berdasarkan gambar
Kepercayaan diri dalam bercerita
Kemampuan dalam mempraktikkan cara mencuci tangan
Terlihat
Belum terliha
Terlihat
Belum terlihat
Terlihat
Belum terlihat

































































































































































Guru Kelas I




Rini Akhirotul Khasanah, S.Pd







LEMBAR PENGAMATAN II

No
Nama siswa
Ketepatan memilih gambar
Antusias mengikuti permainan
Terlihat
Belum terliha
Terlihat
Belum terlihat






























































































































Guru Kelas I




Rini Akhirotul Khasanah, S.Pd







 























                                                                      
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Popular Posts

LANGUAGE

logo

logo

Statistik blog

 
Support : Creating Website | Mi Ma'arif Keji | Mi Ma'arif Keji
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. MI KEJI - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mi Ma'arif Keji