MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MA'ARIF KEJI BERWAWASAN GLOBAL BERAKHLAQ SALAFY VISI TERWUJUDNYA GENERASI YANG BERTAQWA KEPADA ALLAH SWT. UNGGUL DALAM ILMU, KREATIF DAN BERBUDAYA Kelas 6 - MI KEJI
Headlines News :
Home » » Kelas 6

Kelas 6

Written By Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Desa Keji on Jumat, 28 Februari 2014 | 09.15


Secara geografis Indonesia terletak di kawasan Asia Tenggara. Sejak dahulu Indonesia telah menjalin hubungan baik dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Sebagai contoh Indonesia telah menjadi pemrakarsa berdirinya organisasi ASEAN (Association of South Asian Nation) yang diterjemahkan menjadi Perbara (Persatuan Bangsa-bangsa Asia Tenggara). Organisasi tersebut berdiri pada tanggal 8 Agustus 1967.  Peran Indonesia dalam memrakarsai berdirinya ASEAN tersebut membuktikan bahwa Indonesia mampu pemimpin dan mampu bekerja sama dengan dengan negara-negara tetangga. (dimensi politik)
Meneladani nilai-nilai juang para tokoh khususnya dari Indonesia  yang berperan dalam pembentukan ASEAN  sangat penting dilakukan. Nilai-nilai tersebut adalah kebersamaan, persatuan dalam perbedaan, musyawarah, toleransi, saling menghargai pendapat, rela mengorbankan tenaga, waktu dan pemikiran demi terwujudnya suatu organisasi yang dapat menjadi wahana untuk meningkatkan kerja sama negara-negara di kawasan Asia Tenggara.. (dimensi politik)
Kebersamaan selalu ditunjukkan oleh para tokoh yang hadir. ia selalu menghindarkan diri dari perilaku  seperti  ambisi untuk kepentingan pribadi maupun negaranya sendiri  mencari keuntungan pribadi, dan tidak ada janji-janji atau tuntutan dari  para tokoh di kemudian hari, (adil) karena jika melakukan tindakan yang berlawanan dengan hal tersebut berarti melakukan tindakan korupsi ditinjau dari dimensi politik dan sosiologi.
Para tokoh juga bersatu padu, walaupun mereka berasal dari berbagai negara, mereka  tidak menunjukkan persaingan yang tidak sehat dan menghindari dari sikap boros (hemat) dalam memanfaatkan fasilitas seperti kertas, waktu, dan dana. Hal-hal yang dibicarakan selalu mengacu kepada kepentingan umum. (dimensi ekonomi)
Di samping itu, perilaku yang perlu dicontoh dari para tokoh pembuat keputusan adalah mereka selalu bermusyawarah dalam memecahkan perbedaan pendapat, menjaga keaslian dokumen-dokumen yang dihasilkan.  Para tokoh juga secara ikhlas mengorbankan tenaga, waktu, dan pemikiran.  Karena mereka  berpikir bahwa kepentingan bersama antar negara yang dihasilkan jauh lebih penting dibanding kepentingan lokal. (dimensi hukum)
Dampak positif dari organisasi yang telah dibentuk (ASEAN) di bidang ekonomi  adalah sesama anggota ASEAN dapat bekerja sama untuk saling membeli atau menjual produk masing-masing ke negara sesama anggota. Jika kerjasama itu dilakukan dengan komitmen yang tinggi, jujur, dan tanggung jawab, maka akan menambah kesejahteraan di masing-masing negara. Dilihat dari dimensi ekonomi kerjasama ini sangat menguntungkan.
Namun, segala bentuk kerja sama jika tidak dirawat dengan baik akan mengakibatkan persaingan yang tidak sehat. Persaingan yang tidak sehat juga akan berdampak menghalalkan segala cara, seperti melakukan suap,  penyimpangan aturan, penggelapan pajak (dimensi hukum). semua tindakan itu sangat bertentangan dengan nilai kejujuran, tanggung jawab dan keadilan.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Popular Posts

LANGUAGE

logo

logo

Statistik blog

 
Support : Creating Website | Mi Ma'arif Keji | Mi Ma'arif Keji
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. MI KEJI - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mi Ma'arif Keji